Persahabatan Bagai Kue Bolu

Bersama para sahabat. Ada Teh Ima, Teh Yeni, dan Teh Sugi.

Persahabatan itu buat saya kayak kue bolu, rasanya manis dan bikin kita berkembang. Hihihi… Gimana sih rasanya kalau kita hidup tanpa sahabat? Gak kebayang banget, soalnya saya itu merasa jadi mahluk sosial yang butuh teman untuk bicara. Kadang yang jadi sahabat saya itu suami, kadang adik, kadang mertua, dan kadang juga teman lama.

Nah, beberapa hari lalu saya bertemu lagi dengan beberapa sahabat yang sudah lama banget gak ketemu. Begitu ketemu, kami seru banget bicara masalah bisnis. Wah, ternyata sahabat-sahabat saya sedang merasakan jatuh bangun dalam berbisnis. Saya salut banget sama sahabat saya yang masih terus berjuang ini karena saya juga pernah merasakan jatuh bangun yang serupa.

Sambil mengobrol, kami sibuk mengunyah-nguyah kue yang rasanya lembut dan unik. Eh, kue apa ini? Ternyata sejenis kue bolu kukus tapi kok baru lihat ya? Ooo pantesan belum pernah lihat di Bandung, ternyata ini adalah Siliwangi Bolu Kukus dari Bogor. Pas lihat kemasannya, wih…keren banget! Jadi penasaran di mana penjual kue ini di Bandung. Ternyata tokonya baru buka di Bandung tanggal 25 Januari 2020 lho! Dari ngobrol ngepoin kabar sahabat, akhirnya kami malah sama-sama ngepoin bisnis kue bolu ini sambil janjian harus datang pas pembukaan gerai ini. Denger-denger bocoran sih bakal ada promo yang asik.

Pembukaan Gerai Siliwangi Bolu Kukus di M. Toha 145 Bandung yang penuh antrian pembeli

Ternyata betul, pas hari pembukaan kami datang ke sana, antrian orang begitu banyak di depan toko. Semuanya penasaran ingin mencoba berbagai varian Kue Bolu Siliwangi yang unik dan khas mengangkat kearifan lokal tanah Priangan. Emang gak tanggung-tanggung, ada 8 varian rasa, yaitu rasa Alpukat Mentega, rasa Ubi Cilembu, rasa Susu Lembang, rasa Stroberi Ciwidey, rasa Brownies Coklat, rasa Kopi Bogor, rasa Ketan Kelapa, dan rasa Talas Bogor. Mau tahu rasa favorit saya? Rasa Kopi Bogor, Alpukat Mentega, dan Ubi Cilembu hihihi… Ini enak atau lapar ya?

8 varian rasa Siliwangi Bolu Kukus, yaitu rasa Alpukat Mentega, rasa Ubi Cilembu, rasa Susu Lembang, rasa Stroberi Ciwidey, rasa Brownies Coklat, rasa Kopi Bogor, rasa Ketan Kelapa, dan rasa Talas Bogor.

Kemasan kue bolu ini keren, selain warnanya menarik, keliatan banget didesain dengan segala kepraktisan dan dipikirkan kehigienisannya. Pas memilih bolu di dalam tokonya pun, pembeli dipersilakan mengambil keranjang yang terbuat dari anyaman tikar. Keren banget keranjangnya! Kayaknya kalau keranjang ini dijual, bakalan saya beli juga. Saya suka banget sama yang antik-antik begini.

Keranjang anyaman tikar khusus untuk menampung calon kue yang akan dibeli

Balik lagi ke obrolan bisnis bareng sahabat tadi, saya jadi mendapat inspirasi baru. Bolu ini dikonsep bukan jadi bisnis yang cuma sekali meledak terus habis, tapi dikemas menjadi sebuah bisnis yang merangkul potensi daerah khususnya Jawa Barat dan melahirkan karya untuk dinikmati masyarakat berupa kue. Walau “cuma” sekedar makanan, tapi kue ini dipikirkan banget detailnya sehingga terasa sangat bernafaskan Priangan. Kemasan modern tapi cita rasa lokal tetap diutamakan.

Cara promosinya pun unik juga. Dengan promo bayar 1 box dapat 3 pax kue, masyarakat rela antri sampai panjang banget ke jalan. Ini bakalan bikin orang yang gak paham ada kejadian apa, jadi ikut berhenti dan melihat toko ini. Eh ujung-ujungnya malah bikin penasaran untuk ikut beli juga. Gak heran kalau katanya sekitar 3.500 box habis dalam sehari di gerai yang baru buka ini. Wih, mantap ya! Nih bisa lihat keseruan promo dan antrinya di link ini : https://youtu.be/Lgilf5Xj4MM

Eh iya, kebetulan banget saya sempet ketemu General Manager dari Siliwangi Bolu Kukus. Menurut Kang Tegar, sang GM, makanan berjenis kue bolu ini yang diproduksi dengan cara dikukus dan tidak hanya melalui proses yang higienis, tetapi juga ditunjang dengan bahan baku pilihan yang berkualitas. Selain itu ditunjang pula dengan mesin dan peralatan yang tepat guna. Tenaga kerjanya lokal namun andal dan kompeten sehingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan berdaya saing.

SBK juga sengaja dikemas agar mudah dibawa ke mana saja. Harganya pun terbilang murah tapi tidak mengurangi kualitasnya jika dibandingkan dengan produk sejenis. Dengan kondisi seperti ini, otomatis target marketnya adalah semua kalangan masyarakat, tanpa kecuali. Produk ini juga mudah didapatkan di mana saja di Bumi Pasundan, salah satunya adalah di Bandung yang baru dilaunching. Oh iya, buat yang penasaran pengen nyicip bolu kukus ini langsung datang aja ya.

Store Siliwangi Bolu Kukus Bandung, Jalan M. Toha 145 kec. Regol (dekat PT. Inti) Bandung. Telp/ wa : 0811-8250-044. Instagram : @siliwangibolukukus, website : http://siliwangibolukukus.blogspot.com. Jam operasional 06.00 s.d. 22.00 WIB.

Author: Eka Adrian

"The world is a book, and those who do not travel read only a page." -Quote- Eka, Women, Traveler, Blogger, Entrepreuneur

13 thoughts on “Persahabatan Bagai Kue Bolu”

  1. Makin asik nih SBK ada di Bandung, makin melengkapi wisata kulineran dan oleh2 di Bandung ya Teh. Cuss atuh ahh, kapan kita ngopi bareng ditemani sepotong SBK rasa ubi cilembu, trus sambil sharing2 lagiii.

  2. asik bnaget nih Siliwangi bolu kukus ini punya banyak variant rasa ya teh, jadinya banyak pilihan nih, kemaren si hubby nyobain yang strawberry sama yang ubi cilembu ketagihan hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *